Home / Drama Seri Korea Terbaru / Tahun 2015 / Drama “Producer” Harus Berjuang Di Tengah Tekanan Para Pengiklan

Drama “Producer” Harus Berjuang Di Tengah Tekanan Para Pengiklan

Kim Soo Hyun Pengiklan Producer

Para staff dari drama Producer mungkin agak sulit untuk berbahagia di situasi yang sulit mereka hadapi. Dibintangi oleh banyak Hallyu star seperti oppa Kim Soo Hyun, Gong Hyo Jin, IU, dan sunbae Cha Tae Hyun, tim produksi justru harus menutupi besarnya ongkos produksi dari drama Producer lewat penjualan lisensi hak siar di berbagai negara dan periklanan tidak langsung (product placement ads- PPL/sistem periklanan media,TV,atau Film). Namun apa yang terjadi bila semuanya tidak sesuai dengan realita situasinya ??

Patut diketahui, dalam setiap episode dari drama producer menghabiskan sekitar 400 juta won (sekitar 360,000 USD dollar AS), dari jumlah keseluhan anggaran drama producer yang diberikan yakni 4.8 milyar won (sekitar 4.4 juta USD dollar AS). Tim produksi drama Producer agak beruntung karena dapat menjual hak siar kepada pihak Sohu, yakni situs pertelevisian dari negara Cina sebelum drama “Producer” tayang perdana dengan harga 2.5 milyar won (sekitar 2.2 juta dollar). Tim produksi mendapatkan juga pendapatan kotor dari periklanan PPL sekitar 2 milyar won (sekitar 1.8 juta USD dollar AS). Segala pernak yang disponsori yakni pakaian, furnitur, minuman, makanan,, dan berbagai produk serta merk yang terlihat di drama mendapatkan  dana dari tim produksi melalui penempatan iklan produk tersebut yang bisa dilihat saat drama Producer tayang.

Namun masalahnya, perusahaan-perusahaan pendana tersebut mengharapkan apa yang disebut dengan slogan “Dampak Kim Soo Hyun”, yang memiliki arti perusahaan-perusahaan tersebut sangat menekan terhadap pembiayaan drama demi mendapatkan hal yang efektif karena popularitas menakjubkan dari oppa Kim Soo Hyun melalui drama ini guna beriklan produk mereka ke target pasar yang sangat luas.

Faktanya adalah drama “Producer” fokus utamanya pada kegiatan para produser di bagian variety dan selebriti, dan berpusat pada latar studio penyiaran dan area kantor. Hal ini berarti bahwa ada banyak aturan dimana tim kru harus tetap membuat drama ini memiliki cerita yang realistis, yang tentunya akan ada batasan untuk penggunaan gaya peraga dan gaya fashion yang digunakan dalam drama. Selain itu, para staff dalam drama “Producer” tentunya kuatir akan penggunaan iklan PPL berlebih malah menganggu para penonton drama ini serta dan mengikis kelancaran alur cerita.

Wakil dari drama Producer menjelaskan kepada media,”Benar adanya bahwa popularitas Kim Soo Hyun domestik dan luar negeri membantu iklan PPL, yang khususnya ditargetkan bagi pasar Cina. Para staff dan penulis sedang membayar perhatian dekat ini tidak dengan mematahkan alur dari drama (bersama pengiklanan ini).”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*