Home / Film Terbaru / Film Dokumenter Korea Selatan “The Disobeying Teacher”

Film Dokumenter Korea Selatan “The Disobeying Teacher”

“The Disobeying Teacher”

Kembali hadir film dokumenter  Korea Selatan yang rencananya akan dirilis pada bulan Mei 2015 mendatang. Film dokumenter korea terbaru ini adalah “The Disobeying Teacher”. Film dokumenter “The Disobeying Teacher” ini disutradarai oleh Seo Dong Il. Sinopsisnya menceritakan tentang kejadian pada 13 Oktober 2008, kisahnya menceritakan pada saat itu Kantor Kementrian Pendidikan Kota Metropolitan Seoul mewajibkan para siswa yang duduk di bangku kelas enam dan sembilan untuk mengambil ujian Nasional Pengkajian Pendidikan yang harus diadakan diseluruh negara Korea.

Seluruh wilayah di korea harus mengambil tes yang sama dan di hari yang sama. Sebelum para siswa-siswi mengambil tes tersebut beberapa guru dari kota Seoul menulis surat kepada para orang tua siswa. Surat ini menyatakan bahwa dampak dari ujian tersebut NAEP (singkatan dari National Assessment of Education Progress) terhadap para siswa yang menjalaninya dan terhadap sistem pendidikan. Dalam surat tersebut bahwa para orang tua dapat memilih untuk mengambil test tersebut ataupun mengambil pekerjaan alternatif lainnya.

Di hari tes ini berlangsung tim dari kantor Kementrian Pendidikan Nasional Kota Seoul mengusir ketujuh guru tersebut dari dalam organisasi KTU Korean Teachers and Education Works Union, mirip dengan Persatuan Guru Se-Korea. Alasan ini dilakukan oleh pemerintah karena guru-guru tersebut mengijinkan siswanya untuk mengambil pekerjaan lain sebagai ganti dalam menghadapi ujian. Tindakan aturan kedisiplinan pun dijatuhkan kepada seluruh guru tersebut atas ketidakpatuhan terhadap lembaga pemerintah Korea Selatan. “The Disobeying Teacher” merupakan salah satu film dokumenter Korea Selatan yang fokus membahas tentang perlawanan guru terhadap tindakan ketidakadilan hukuman disiplin, perjuangan untuk mendapatkan kembali pekerjaan mereka, dan sebuah rekaman dalam memenangkan perlawanan kasus mereka. Tanggal rilis di Korea yakni 14 Mei 2015 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*