Home / Sinopsis Drama Korea / Sinopsis Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua Drama Korea

Sinopsis Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua Drama Korea

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 1

[Baca juga: Sinopsis Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Pertama Drama Korea]

Soo hanya bisa garuk-garuk kepala setelah tanpa sengaja mendengar ucapan kasar yang dilontarkan Ratu Yoo pada So. Ia sampai tak percaya jika wanita itu ternyata adalah ibu So.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 2

Nyonya Hae bertemu dengan Ratu Hwangbo, dan Nyonya Hae menyadari kesehatannya semakin memburuk saat  melihat darah yang keluar ketika ia batuk. Nyonya Hae pun berlutut di depan ratu Hwangbo dan menagih janji yang pernah diucapkan oleh sang ratu di hari pernikahannya bahwa ia akan mengabulkan satu permintaannya.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 3 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 4

Ratu Hwangbo bertanya apa yang bisa ia lakukan untuknya. Nyonya Hae memegang tangan ibu mertuanya, dan memohon agar ia menerima Hae Soo sebagai istri pangeran. Nyonya Hae berkata ia tak lagi memiliki banyak waktu tersisa.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 5 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 6 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 7

Wook datang ke istana Cheomseongdae bersama Soo untuk menjenguk ibunya, dan kebetulan mereka bertemu dengan astronomer Ji Mong. Melihat wajahnya sangat mirip dengan seorang pria yang ia temui di jaman modern sebelum mengalami kecelakaan, Soo langsung menghampirinya.

Ia bertanya: “Tuan! Anda mengenaliku?” Soo memberitahunya bahwa mereka sebelumnya pernah bertemu, dan bahkan minum bersama, meskipun Ji Mong sama sekali tak mengerti maksudnya.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 8 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 9

Ji Mong memberitahu Soo bahwa ia sama sekali tidak mengenalnya, dan hanya mengetahui jika Soo adalah sepupu dari istri pangeran ke-8. Soo berusaha menjelaskan bahwa dulu ia bukan seperti ini. Soo mengklaim dia bukan dari zaman Dinansti Ryeo, tapi seribu tahun di mulai dari sekarang di sebuah danau di sebuah taman.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 10 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 11 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 12

Tapi Ji Mong malah memperingatkan agar Soo berhati-hati dengan ucapannya di dalam istana, ia tak diperbolehkan berbicara semaunya terutama tentang tahta atau keluarga kerajaan. Ji Mong menasihati Soo agar menaati norma yang berlaku di tempat ini.

Soo hanya bingung saat Ji Mong berpesan ‘kehidupanmu tidak bisa berubah begitu saja hanya karna kau menginginkannya’ sama persis dengan yang diucapkan oleh seorang pria yang mirip dengannya di jaman modern.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 13 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 14 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 15

Soo berjalan pulang di belakang Wook di saat salju turun dengan lebatnya. Wook hanya tersenyum kecil saat melihat tingkah lucu Soo yang menginjak bekas pijakan kakinya. Ia pun sepertinya mengerjai Soo saat menginjak salju itu lebih jauh sehingga Soo kesulitan menjangkau bekas pijakan kaki Wook.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 42

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 16 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 17 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 18

Ia pun hampir terjatuh, untung saja ada Wook yang dengan sigap memegang tangannya. Tapi Soo segera menarik tangannya, karna merasakan debaran jantungnya yang berdetak kencang.

Wook kemudian bertanya apa Soo dan Ji Mong sebelumnya telah saling mengenal, dan Soo menjawab bahwa ia telah salah orang.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 19 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 20 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 21

Soo memberikan sebuah sabun buatannya, meskipun ia tak berani menatap Wook. Soo berkata sabun pemberiannya hanya sebagai ucapan terima kasih karna Wook telah membantunya, termasuk mengajarinya puisi.

Wook mengucapkan terima kasih, dan ia bertanya apa Soo mengetahui arti dari puisi itu. Dengan percaya diri Soo menjawab ya. Soo menyebutkan bait puisinya: Ada sebuah pohon willow hijau di dekat air, yang berarti seorang pria bahagia dan dia bernyanyi.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 22 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 23

Wook tertawa mendengar penjelasannya, tapi ia kemudian meminta Soo untuk menuliskan sebuah puisi untuk membalas puisinya. Wook melihat Soo bingung dengan permintaanya sehingga ia menjelaskan sebuah etika yang tepat untuk membalas sebuah pusi dengan puisi lain. Soo pun terpaksa tak bisa menolak permintaannya.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 24 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 25

Pada akhirnya Soo sendiri hanya menyusahkan dirinya. Ia berusaha menyalin penggalan puisi dari sebuah buku, namun ia kesulitan menyalinnya di atas kertas menggunakan tulisan korea kuno. Sebagai akibatnya ada banyak kertas berserakan di lantai, dan wajahnya pun dipenuhi coretan tinta.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 26

Disaat pikirannya lagi galau  karna bingung harus menulis apa, tiba-tiba saja ia terpikir sebuah ide, dan Soo mulai menulis sesuatu di atas secarik kertas.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 27 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 28

Keesokan harinya, Soo datang ke ruang baca Wook. Dia meletakkan puisinya di atas meja, namun ia berubah pikiran dan kemudian meletakkannya di atas sebuah buku yang terbuka.

Para pangeran datang disaat ia akan meninggalkan ruang baca Wook. Ia tampak canggung, dan memberitahu Eun bahwa ia datang ke tempat ini untuk mengantar sesuatu.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 29 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 30

Eun pun melihat selembar kertas di atas buku sampai membuat Soo canggung dan menoleh kepada Wook. Sehingga Wook terpaksa menjelaskan bahwa dia yang menyuruh Soo untuk membalas puisinya. Soo pun bergegas keluar, namun Baek Ah yang menyadari ada sesuatu di antara Wook dan Soo tampak kesal sehingga dia menyusulnya.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 31 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 32

Eun tak memberikan puisi itu pada Wook, dan memilih membukanya. Namun baik Jung dan Eun malah kebingungan setelah melihatnya, karna apa yang ditulis Soo lebih mirip sebuah gambar ketimbang sebuah tulisan.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 33 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 34

Wook pun ikut kebingungan untuk menebak maksud dari tulisan Soo. Sampai akhirnya So memerintahkan Eun mengangakat kedua tangannya ke atas, membuka mulutnya dan membuatnya bulat, sehingga akhirnya mereka menyadari jika ekspresi Eun sama persis dengan yang digambar oleh Soo.

So memberitahukan itu sebuah wajah tertawa dengan kegembiraan, dan ia menebak Soo pasti sangat menyukai puisi Wook.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 35 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 36

Baek Ah mengikuti Soo, dan membawanya ke sebuah tempat sunyi untuk berbicara berdua. Ia pun menegur sikap Soo barusan terhadap Wook, namun Soo bingung apa yang telah ia lakukan sampai membuat Baek Ah sangat marah padanya.

Baek Ah menyebutkan setiap gerak tubuh yang ia amati dari keduanya saat mereka berdua diam-diam curi pandang. ‘Makanan  apa yang disukai oleh Wook?,’ ‘Apa yang akan membuatnya tersenyum,’ ia  tahu hal-hal seperti itu yang terlintas dalam pikiran Soo.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 37 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 38

Baek Ah memberitahunya bahwa ia dan Nyonya Hae telah mengetahui perasaan yang mereka berdua miliki. Sontak Soo pun terkejut, tapi Baek Ah lantas memperingatkan bahwa hanya Wook seorang yang dimiliki Nyonya Hae: “Tapi jika kau …..jika kau menyakitinya, saya tidak akan diam saja membiarkan itu terjadi.”

Saat ia berbalik akan pergi, ternyata Wook telah ada berdiri disana dan mendengar semua perbincangan mereka berdua.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 39

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 40

Wook membawa Soo untuk berbicara empat mata di dekat sebuah danau dan minta maaf karna ia harus mendengar perkataan kasar dari Baek Ah. Wook berkata semua ini kesalahannya, memberikannya puisi dan menyuruhnya membalas puisi hanya untuk mencoba membuatnya tersenyum.

“Jangan salahkan diri sendiri. Jangan pernah,” pinta Wook.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 41

Sambil menangis, Soo berkata: “Saya tahu bahwa perasaan seseorang bisa sangat berbahaya. Tapi saya berpura-pura tidak menyadarinya dan menganggap itu akan hilang dengan sendirinya. Saya meraih tanganmu dan saya keluar dari ruanganku malam itu. Itu semua kesalahanku. Ketika saya bersamamu, saya selalu menangis.”

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 43 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 44 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 45

Soo memandangi Wook dan minta maaf, dan ia pun pergi. Soo menyelipkan sebuah kertas berisi puisi Wook dalam sebuah buku dan menaruhnya di  rak buku, begitu pula Wook yang memasukkan sabun pemberian Soo ke dalam sebuah kotak kayu, untuk menghilangkan kenangan mereka berdua.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 46

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 80

Yeon Hwa menemui Raja untuk memberikan bantal buatannya. Namun raja kemudian mengungkapkan pada Yeon Hwa tentang kebingungannya untuk memilihkan seorang suami yang pantas untuknya.

Raja berharap Yeon Hwa akan hidup dengan bahagia seperti putri tertuanya, meskipun ia  jarang bertemu dengannya. Raut wajah Yeon Hwa tampak pucat, dan bertanya apa Raja menginginkannya tinggal jauh dari istana.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 79

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 47

Yeon Hwa terpaksa berpura-pura bahagia, mengatakan bahwa ia bersedia dimanapun tempat yang disarankan oleh raja dan sudah tidak sabar sampai raja mencarikan seorang pria untuknya.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 48 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 49 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 50

Usai bertemu dengan ayahnya raut wajah Yeon Hwa tampak masam, namun segera setelah melihat Soo di istana, raut wajahnya pun segera berubah. Ia sejenak memandanginya dengan penuh kekaguman, dan memanggilnya.

So berada di istana, mengenakan pakaian formal dan rapi layaknya seorang pangeran, berbeda dari biasanya. Yeon Hwa  pun memberitahu So tentang rencana raja untuk menikahkannya.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 51

So bertanya apa raja telah menemukan pria untuknya, belum sempat menjawab, Yo datang dan bergabung bersama mereka. Yo terkejut melihat Raja membiarkan So tinggal di istana, tapi dia memberitahu So bahwa raja tidak akan memberikan Yeon Hwa padanya.

So menantang untuk bertaruh melihat hasilnya seperti apa nanti, tapi Yo begitu percaya diri jika raja tidak akan menikahkannya dengan Yeon Hwa.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 52 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 53

Yo malah menyarankan agar mereka bertanya pendapat Yeon Hwa apa dia tahan hidup bersama dengan wajah buruk rupanya itu. Sambil memandangi So, Yeon Hwa menjawab bahwa dia menginginkan seorang pria yang mencintainya, bukan pria yang berparas tampan, dan seseorang yang menghargainya. Yo pun membanggakan dirinya bahwa ia akan memperlakukannya sebagai ratu negara ini.

Sementara So berkata ia menginginkan seorang wanita yang akan menghargainya, seseorang yang tidak akan perduli dengan wajah buruk rupanya.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 54

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 55

Setelah So pergi, Yo menganggap ucapan So barusan hanya untuk pamer, dan tetap saja menyebut Soo seperti seokor binatang. Tapi Yeon Hwa malah berkata bahwa ia penasaran bagaimana mengubah seekor binatang menjadi seorang manusia. Yo pun bertanya-tanya mengapa Yeon Hwa  mengucapkan itu.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 58 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 59

Salju turun semakin lebat, dan kondisi kesehatan Nyonya Hae pun semakin menurun. Ia duduk di depan sebuah perapian yang menyala dan membakar beberapa barang pribadinya. Soo mendapati Nyonya Hae batuk darah, dan ia berteriak memanggil Chae Ryung.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 56 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 57

Tapi Nyonya Hae malah bertanya bagaimana perasaan Soo terhadap Wook. Soo hanya diam dan tak berani menatapnya, tapi melihat sikapnya Nyonya  Hae menebak jika Soo memang menyukai Wook.

“Kau bodoh. Kalian berdua begitu bodoh,” ujar Nyonya Hae.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 60 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 61

Nyonya Hae kemudian meminta bantuan Soo untuk merias wajahnya. Dengan mata yang berkaca-kaca, Nyonya Hae berkata ia ingin Wook mengingatnya sebagai wanita yang cantik.

Soo tak sanggup menahan air matanya saat mulai merias wajah Nyonya Hae, karna menyadari kondisi kesehatannya telah kritis.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 62 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 63

Sambil Soo mendandani Nyonya Hae untuk membuatnya secantik mungkin, kita mendengar suara Nyonya Hae saat memberikan pesan terakhirnya pada Soo dimana ia  memintanya untuk menjaga tingkah laku dan sikapnya ketika tinggal di istana. Ia bahkan meminta Soo membuatkan bantal agar Wook bisa tidur dengan nyaman, karna mengetahui ada banyak hal yang membuat suaminya khawatir. Nyonya Hae bahkan meminta Soo untuk menjaga Wook.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 64 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 65

Setelah merias Nyonya Hae, Soo segera berlari memanggil Wook, dan mendesaknya untuk segera pergi menemuinya.

Di tengah salju yang turun dengan lebatnya, Wook menemani Nyonya Hae berjalan-jalan, sementara Soo mengikuti mereka di belakang. Wook melihat salju turun begitu lebatnya sehingga mengkhawatirkan kondisi kesehatan istrinya, namun Nyonya Hae bersikeras ingin berjalan-jalan di salju bersamanya. Ia pun kembali mengenang saat pertama kali melihat Wook.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 66 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 67 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 68 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 69

Flashback: Nyonya Hae melihat dari kejauhan Wook menunggangi kuda dengan gagahnya, dan ia jatuh cinta pada pandangan pertama. Ia diam-diam mengikuti Wook  dan memandanginya dari kejauhan dengan penuh kekaguman.

Kita mendengar suara Nyonya Hae berkata: “Saya tahu kau merasa tidak nyaman , tapi saya bersikeras untuk menikahimu. Kau sangat terpukul ketika kau harus meninggalkan istana. Saya ingin membuatmu bersemangat dan tidak putus asa lagi.”

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 70 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 71

Nyonya Hae menyentuh wajah Wook, dan berpesan agar Wook menjaga Soo. “Pikirkanlah kasih sayang yang telah kuberikan padamu,” ujar Nyonya Hae.

Sambil menggendong Nyonya Hae dibelakangnya, Wook berkata: “Saya selalu memikirkan apa yang kau katakan. Kau berkata kalau saya tidak mencintaimu.”

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 77

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 72 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 73

Wook ingin melanjutkan ucapannya, tapi dipotong oleh Nyonya Hae. Nyonya Hae berkata: “Kau tak perlu mengucapkan apapun.”

“Saya bisa mencintaimu lebih lagi. Itu saja sudah cukup bagiku,” ujar Nyonya Hae. Dan ia pun meninggal di belakang Wook.

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 74 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 75 Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 76

Gambar Sinopsis Scarlet Heart Ryeo Episode 5 Bagian Kedua 78

5 comments

  1. So sad, at her dying. Haessi buin yang baik hati :”

  2. endingnya bikin sedih… Wook ama Hae soo ajadah, Ikhlas saya. biar so ama Yeon hwa. #tapi ngak mungkin yah.

    ngak sabar nunggu episode 6.

  3. masih bingung ni hubungan wang so dan yeon hwa bukannya saudara seayah ya.. bagaimana bisa yeon hwa naksir wang so..

    • Bantu jawab.. Di jaman goryeo hubungan ‘incest’ atau sesama saudara (tiri biasanya) itu legal.. Ini menjaga kermurnian keturunan dan menguatkan aliansi politik.. Dalam sejarah aslinya emang Wang So nanti menikah dengan yeonhwa..

  4. I love U, Lee Joon Ki…
    walopun perannya disini ‘suram’, tp klo udah senyum bikin meleleh… \^o^/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*