Home / Sinopsis Drama Korea / Sinopsis “Remember – War of the Son” Episode 1 Bagian Pertama

Sinopsis “Remember – War of the Son” Episode 1 Bagian Pertama

Sinopsis Remember - War of The Son

Sinopsis Remember - War of The Son 2

[Baca juga: Sinopsis “Remember – War of the Son” Episode 1 Bagian Kedua] 

Seorang pria, Seo Jae Hyuk (Jeon Kwang Leol), memakai baju tahanan dikawal oleh petugas menuju tempat eksekusi.

Seo Jae Hyuk duduk di tempat eksekusi bersiap akan menerima hukuman gantung, tapi melihat anaknya Jin Woo – dia mendekatinya dari balik kaca itu dan berteriak memohon pada anaknya:

“Jin Woo katakan pada orang-orang itu saya bukan seorang kriminal. Jin Woo kamu bilang kamu akan mengeluarkanku dari sini! Tolong selamatkan saya, Jin Woo!”

Jin Woo berlutut di depan petinggi pihak kepolisian sambil menangis untuk memohon agar mereka mengeluarkan  ayahnya; tapi mereka tak bergeming sedikitpun. Jin Woo harus melihat ayahnya digantung di depan matanya.

Sinopsis Remember - War of The Son 3

Sinopsis Remember - War of The Son 6

Dia terbangun dari tidurnya dan ternyata itu hanya sebuah mimpi buruk. Jin Woo melihat tanggal di kalender dengan cemas yang ditandai dengan garis merah (tanggal 9).

Dia datang mengunjungi ayahnya di penjara. Duduk di depan ayahnya, dia memperkenalkan namanya Seo Jin Woo, dan memberitahu bahwa dia yang akan menjadi pengacaranya. Dia akan menjadi pembelanya setelah permohonan banding untuk kasus hukumnya kembali disidangkan setelah empat tahun.

Tapi sepertinya, Jae Hyuk sama sekali tidak mengenal bahwa pria yang ada di depannya adalah anaknya. Jin Woo mengaku dia sudah mengetahui dia adalah pasien sakit jiwa dan juga penyakit yang ia derita.

Sinopsis Remember - War of The Son 4

Sinopsis Remember - War of The Son 5

Jin Woo kemudian mengeluarkan beberapa berkas dari tasnya. Saat akan memberi tahu apa yang harus ia persiapkan dalam sidang banding yang akan dimulai besok; tiba-tiba saja dia mengatakan sesuatu.

Jae Hyuk: “Yang tersisa dalam hidup, bukan uang, bukan namamu, tapi ingatan.” Dia berkata baginya kenangan-kenangan itu tidak akan  bertahan. Dia menceritakan pada Jin Woo bahwa orang-orang di penjara memberitahunya dia orang yang sangat mengerikan. Dia membunuh seorang mahasiswa muda yang berusia lebih dari 20 tahun. Tapi dia sama sekali tidak mempunyai ingatan tentang perbuatannya ini.

Dia memberitahu Jin Woo dia tidak ingin melakukan sidang banding yang kembali dibuka setelah empat tahun.

Sinopsis Remember - War of The Son 7

Sinopsis Remember - War of The Son 8

Dengan mata yang berkaca-kaca karna menahan air matanya, dia lalu bertanya pada ayahnya apa dia khawatir karna dia terlihat muda dan tampak kurang berpengalaman?. Dia mengatakan pada Jae Hyuk (ayahnya) bahwa dia mempunyai kepercayaan diri akan menang.

Ja Hyuk percaya dengan kemampuannya tapi dia memberitahu Jin Woo karna dia sama sekali tidak mengingat apapun bukan berarti kejahatan yang telah ia lakukan akan dihapus. Dia akan menerima hukuman karna telah membunuh seseorang.

Ayahnya tiba-tiba saja tersadar dan bertanya pada Jin Woo berapa kali mereka sudah melakukan pembicaraan seperti ini?

Jin Woo menjawab “dia tidak akan banding” 7 kali, “dia akan menerima hukumannya” 9 kali, “dia sebelumnya belum pernah bertemu dengannya tapi sepertinya dia akan melakukannya dengan baik” sudah yang ke 10 kalinya.

Sinopsis Remember - War of The Son 7

Sinopsis Remember - War of The Son 8

Ayahnya tertawa karna dia bisa mengingat semuanya, dan Jin Woo berkata bahwa dia mempunyai ingatan yang baik.

Jin Woo mengatakan bahkan besok jika mereka memiliki percakapan yang sama seperti ini, dia memberitahu ayahnya untu mengatakan bahwa dia tidak bersalah. Dia dijebak, dan masuk penjara selama empat tahun. Dia melarangnya untuk mengatakan hal-hal seperti tidak akan melakukan banding, atau akan menyerah.

Dengan nada yang meluap-luap, Jin Woo berkata pada ayahnya: “Bahkan jika kau tidak bisa mengingatnya, ingatlah. Saya tidak hanya membelamu untuk membuktikan kau tidak bersalah. Ada orang lain yang harus ada di tempat itu. Saya akan membuat orang itu menerima hukumannya.”

Dia berjanji akan berusaha semaksimal mungkin dan mengeluarkannya. Dia meminta ayahnya untuk berjanji tidak akan menyerah sampai saat itu tiba.

Sinopsis Remember - War of The Son 9

Kata-kata Jin Woo mengena di hatinya, dan tiba-tiba saja dia mengingat sesuatu meskipun masih samar-samar, dan lantas bertanya padanya apa dia memiliki seorang putra. Jin Woo hanya berkata padanya untuk mencoba mengingatnya dengan baik.

“Seperti sebuah ingatan yang hilang, dia mungkin sangat dekat,” ucap Jin Woo.

Melangkahkan kakinya keluar dari penjara itu, dia meminta ayahnya untuk menunggu sedikit lagi. Dia berjanji akan mengeluarkannya.

Sinopsis Remember - War of The Son 10

Sinopsis Remember - War of The Son 11

Sinopsis Remember - War of The Son 12

Sinopsis Remember - War of The Son 13

Empat Tahun Sebelumnya

Jin Woo dan Jae Hyuk menjalani kehidupan yang normal. Ayahnya menyiapkan sarapan di pagi hari, dan dia sangat senang dengan dadar telur gulung dan kimchi yang disiapkannya.

Sedang sarapan, ayahnya bertanya bagaimana persiapannya untuk tes penyiaran yang akan ia ikuti, dan Jin Woo menjawab jika mereka bertanya, dia hanya harus menjawab seperti apa yang ia ingat.

Dia memberitahu ayahnya setelah dia pergi ke stasiun TV, untuk menghargai dadar telur gulung buatannya, dia berjanji akan membuatkannya KimChi ala Jin Woo yang pastinya akan terasa lezat. Ayahnya berjanji akan pulang lebih awal untuk mencicipi masakannya.

Lagi asyik sarapan, mereka kedatangan tamu Boon Hyuk dan Na Ran. Mereka  datang untuk memberinya beberapa labu kuning  yang ia beli di pasar kemarin. Jin Woo menyambutnya dengan antusias dan memberitahu ayahnya jika mereka merebusnya dan memakannya dengan kimchi pasti akan terasa lezat.

Sinopsis Remember - War of The Son 15

Sinopsis Remember - War of The Son 14

Sinopsis Remember - War of The Son 16

Di tempat lain, seorang pria sedang mandi dan tampak Tato di bagian belakangnya, dan dia adalah Park Dong Ho (Park Sung Woong). Dia memilih pakaiannya di lemari dan seorang wanita datang memeluknya. Wanita ini tak percaya saat Park Dong Ho mengaku sebaagai seorang pengacara karna dia memiliki tato naga di belakangnya. Dan untuk membuatnya percaya, dia menunjukkan kartu namanya.

Park Dong Ho datang menemui seorang kliennya di penjara, Seok Joo Il. Seok Joo Il masuk penjara karna terlibat kasus perkelahian dan parahnya lagi pria yang berkelahi dengannya adalah putra orang berpengaruh yaitu putra Il Hyuk, vice President perusahaan asuransi. Ditambah lagi Jaksa Penuntut  yang akan bertanggung jawab untuk kasusnya adalah Tak Young Jin — mereka tidak bisa menyuapnya dengan uang ataupun wanita untuk meringankannya.

Seok Joo Il memberitahu Park Dong Ho bahwa dia sedang dalam masa percobaan – dia akan mendapat hukuman yang lebih besar. Dia kebakaran jenggot atas kasus hukum yang membelitnya dan Dong Ho hanya mengatakan dua kalimat untuknya:  Pengacara yang baik mendapatkan tidak bersalah. Pengacara yang hebat tidak membawa klien mereka ke pengadilan.

Sinopsis Remember - War of The Son 17

Sinopsis Remember - War of The Son 19

Sinopsis Remember - War of The Son 18

Di tempat kerjanya, saat sedang sibuk membersihkan tempat tinggal seseorang, Jae Hyuk mendapat telpon dari Jin Woo. Jin Woo sedang berdiri di tempat pemberhetian bus dan mengabari ayahnya bawa dia akan segera naik bus menuju stasiun TV. Ayahnya merasa menyesal karna tidak bisa menemani Jin Woo pergi kesana, tapi dia mengerti ayahnya harus bekerja. Mereka berdua berbincang lewat video call dan ayahnya meminta Jin Woo untuk mengangkat layar ponselnya sedikit lebh tinggi untuk melihat betapa tampannya putranya.

Sebelum menutup telponnya, Jae Hyuk mengacungkan jempolnya dan berkata: “Hei, putraku sangat keren. Bagus!.” Dan tak jauh dari tempatnya, Lee In-A (Park Min Young) juga sedang menunggu bus yang datang.

Sinopsis Remember - War of The Son 20

Sinopsis Remember - War of The Son 21

Saat akan turun dari bus, Jin Woo tanpa sengaja menabrak In-A. Saat Jin Woo mengambilkan tasnya yang terjatuh, In-A menyadari tasnya sudah sobek. Dia langsung memeriksa tasnya dan menemukan dompetnya telah hilang. Dia menyuruh tidak seorang pun yang boleh turun dari bus, termasuk Jin Woo.

Pak supir protes dengan sikap In-A yang melarang penumpang turun, dan dia kemudian menyebutkan Tindakan Prosedur Kriminal Bab 4 Paragraf 5 – sebuah tempat kejadian perkara yang memiliki bukti penting harus dijaga untuk memastikan barang bukti tidak hilang. Dia kemudian menyuruh Pak Supir untuk bergegas ke kantor polisi.

Sinopsis Remember - War of The Son 22

Sinopsis Remember - War of The Son 23

Sinopsis Remember - War of The Son 24

Setibanya mereka disana, In-A  memberitahu Polisi bahwa dia yakin pencurinya ada disini dan menyarankan untuk memeriksanya dengan CCTV. Si Polisi memberitahu In-A mereka tidak bisa memeriksanya lewat CCTV, dan kemudian bertanya apa ada yang ia curigai.

Dia melihat kesemua penumpang bus, dan saat dia melihat Jin Woo membuatnya teringat jika dia adalah orang yang menabraknya tadi di bus. Dia datang kepada Jin Woo dan menuduhnya sebagai pelakunya. Dia menuduh Jin Woo menggunakan trik yang sudah lazim dan meminta dompetnya dikembalikan.

Jin Woo bersikeras bukan pencurinya, tapi In-A juga bersikeras bahwa dia mengingatnya dengan baik. Tapi Jin Woo malah balik bertanya padanya apa ingatannya sebaik itu?. Dengan percaya dirinya, In-A menjelaskan bahwa dia menabraknya dan sengaja mengambilkan tasnya.

Sinopsis Remember - War of The Son 25

Untuk menghadapi In-A yang mengaku punya ingatan yang bagus, dia bertanya padanya pukul berapa mereka bertabrakan. Tak hanya itu, dia kembali bertanya pakaian yang dipakai orang yang duduk disampingnya.  In-A berkata padanya siapa yang akan mengingat hal itu?

Jin Woo kembali mengingat tiap detail yang ada di bus mulai dari waktu mereka bertabrakan dan pakaian orang yang duduk disampingnya dan menyebutkannya satu persatu. Dia mendatangi wanita yang berdiri disamping In A, dan mengkonfirmasinya.

In-A membela diri: “Mengetahui semuanya sampai pada hal-hal seperti itu, bagaimana bisa kamu mengharapkan saya mengingatnya.” Dan Jin Woo memberitahunya bahwa mengetahui detail adalah hal yang paling penting.

Sinopsis Remember - War of The Son 26

Sinopsis Remember - War of The Son 27

Jin Woo berkata pada In-A tidak ada yang meleset dalam ingatannya. Dia kembali mengingat tiap setiap detail yang terjadi dalam bus saat itu dan mereka ulang kejadiannya. Dia melihat tasnya sudah sobek sebelum mereka bertabrakan, dan tasnya disobek di tempat lain. Dia menduga tempat pemberhentian bus.

Dia kembali mengingat tiap detail yang terjadi di tempat pemberhentian bus, dan menemukan pelakunya adalah pria memakai jaket dan jeans yang telah mencuri dompetnya dengan menyobek memakai silet tajam bagian bawah tasnya. Dia menjelaskan setelah si pelaku mengambil dompetnya, dia naik ke sebuah mobil dan memberitahu mereka nomor platnya.

In-A tertawa dibuat-buat seolah tak percaya dengan semua penjelasannya, dan berkata padanya bahwa Polisi tidak akan semudah itu percaya. Tapi tak berselang lama, mendengar nomor plat yang  disebutkan Jin Woo mereka tersadar itu adalah nomor plat mobil yang telah dicuri.

Sinopsis Remember - War of The Son 29

Sinopsis Remember - War of The Son 30

Sinopsis Remember - War of The Son 28

Jin Woo  kemudian menunjuk ke arah papan pengumuman daftar pelaku kriminal yang menjadi buronan. Salah satu dari mereka adalah pelakunya. Dia kemudian memberitahu In-A bahwa ingatannya sangat tepat bahkan tentang hal-hal yang sepeleh.

In-A merasa malu atas tuduhan palsunya sedangkan Pak Polisi dan penumpang bus  terkagum-kagum dengan kemampuannya.

Sinopsis Remember - War of The Son 31

Sinopsis Remember - War of The Son 32

Sementara itu, Park Dong Ho datang ke tempat jaksa penuntut umum untuk menemui jaksa Tak Young Jin dan tidak sengaja di lift bertemu dengan jaksa Hong Moo Suk. Di dalam lift, Dong Ho bersikap ketus dibelakamg jaksa Hong, meskipun di depannya dia mengumbar senyum.

Jaksa Hong berkata pada pengacara Park: “Jika ada kesempatan, mari kita saling berhadapan dalam pengadilan. Karna hubungan yang buruk bisa berjalan lancar dalam percekcokan.” Setelah Jaksa Hong keluar dari lift, pengacara Park berkata kasar: “Melawan apa, kamu tampang Chihuahua.”

Pengacara Park membuntuti Jaksa Tak Young Jin sampai ke kamar kecil. Dia memperkenalkan dirinya dan menunjukkan kartu namanya sebagai pengacara Tuan Seok Joo Il untuk melobi kasusnya.

Sinopsis Remember - War of The Son 34

Sinopsis Remember - War of The Son 35

Jaksa Tak mengerti maksud kedatangannya, dan dia memperingatkan untuk tidak macam-macam dengan Eksekutif Direktur Nam Gyoo Man dari Asuransi Jiwa Il Ho. Dia berkata padanya bahwa Kliennya paling tidak akan menerima hukuman minimum selama tiga tahun. Dan menolak untuk melakukan tawaran apapun.

Tapi Pengacara Park tetap ngotot, dan menawarkan memberikan informasi tentang kesepakatan narkotika skala besar yang terjadi di Busan. Jika dia menanganinya dengan tepat, dia akan mendapatkan nilai poin skor yang berguna untuk promosi jabatannya. Apalagi Pengacara Park mengetahui dia gagal dalam promosi jabatan sebulan lalu. Dia menyinggung Jaksa Tak yang memiliki kemampuan terbaik, tapi memiliki kekurangan dalam kasus kejahatan yang terorganisir.

Jaksa Tak lantas bertanya apa yang ia inginkan, dan dia menginginkan penundaan penuntutan untuk kliennya. Dia tidak meminta jaksa Tak untuk segera memberikan jawabannya. Tapi,  sebelum dia pergi dia berkata pada jaksa Tak: “Saya menggunakan kesempatan ini untuk menilai pandanganmu dan untuk memulai hubungan yang baru,” dan meninggalkan kartu namanya.

Sinopsis Remember - War of The Son 36

Sinopsis Remember - War of The Son 37

Keluar dari kantor polisi, In-A minta maaf karna telah menuduhnya yang tidak-tidak tapi dia malah bersikap dingin atas permintaan maafnya. In-A kemudian berkata ini hanya sebuah kesalah pahaman

Tapi Jin Woo marah dengan sikapnya yang asal tuduh.

“Yang saya lakukan hanya mengambilkan tasmu, tapi kamu memperlakukanku seperti pencuri. Seandainya saya tidak mengingatnya dengan baik, saya mungkin akan diperiksa oleh polisi. Dan orang-orang akan memandangku sebagai orang yang bersalah.”

Dia mengingatkan untuk mulai dari sekarang jangan hanya berspekulasi.

Sinopsis Remember - War of The Son 38

Sinopsis Remember - War of The Son 39

Sebelum pergi dia menyinggung dan menertawai In-A yang mengaku sebagai mahasiswa hukum tapi salah menyebutkan tentang Tindakan Prosedur Kriminal Pasal 4, Bab 5. Dia mengklarifikasi Pasal 4 dari Tindakan Prosedur Kriminal yang ia katakan adalah tentang yurisdiksi wilayah dan hanya ada sampai bab 3.

Setibanya In-A di kampus, karna telat datang dia masuk ke ruangan dengan diam-diam , tapi Dosen yang sedang menjelaskan menunjuk dan bertanya pada In-A apa kejahatan pria dalam contoh kasus yang ia sebutkan.

In-A memberikan pandangannya tehadap contoh kasus tersebut, meskipun demikian salah seorang mahasiswa Nam Yeo Kyung (Jung Hye Seong) lebih dapat memberikan jawaban yang lebih rasional.

***BERSAMBUNG***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*