Home / Sinopsis Drama Korea / Sinopsis “Remember – War of The Son” Episode 5 Bagian Pertama

Sinopsis “Remember – War of The Son” Episode 5 Bagian Pertama

Sinopsis Remember War of The Son

[Baca juga: Sinopsis “Remember – War of The Son” Episode 5 Bagian Kedua] 

Jin Woo mengemudikan mobilnya sambil mendengarkan berita di radio tentang kasus kematian penjaga keamanan K-villa Yeonbukdong Pak. Mark yang akan mulai dipersidangkan. Menurut berita tersebut keluarganya menuntut KWCWS (Kompensasi dan Pelayanan Kesejahteraan Pekerja Korea) karna kematian korban berkaitan dengan pekerjaannya. Sedangkan pihak yang dituntut KWCWS mengajukan banding di pengadilan tinggi.

Sinopsis Remember War of The Son 2

Sinopsis Remember War of The Son 3

Sementara itu, di luar gedung Pengadilan Tinggi, Pengacara Song alis pengacara gagap gelisah menanti kedatangan Jin Woo.  Saking gelisahnya dia sampai menelpon Manajer Kantornya untuk menanyakan kapan kedatangannya di persidangan.

Iklan

Manajer kantornya menyuruhnya untuk bersabar sedikit lagi, tapi Pengacara Jae Ik memberitahu atasannya bahwa sekarang dia mungkin baik-baik saja, tapi segera setelah dia melihat wajah hakim di pengadilan dia akan lepas kendali.

Sinopsis Remember War of The Son 4

Sinopsis Remember War of The Son 5

Yang ia takutkan akhirnya benar-benar terjadi. Ketika persidangannya di mulai Pengacara Song mulai gagap yang menjadi bahan tertawaan orang yang datang di persidangan saat mulai mengajukan beberapa pertanyaan kepada saksi yang adalah istri korban.

Pengacara Song dibuat kelabakan dengan ketidakhadiran Jin Woo  apalagi keterangan saksi menyudutkan pihak tergugat KWCS sedangkan dia sendiri sebagai pengacara pembela tidak bisa menyanggah sedikitpun pernyataan saksi. Disaat dia merasa putus asa, Jin Woo akhirnya tiba di persidangan.

Sinopsis Remember War of The Son 7

Sinopsis Remember War of The Son 6

Di persidangan, Jin Woo membantah  keterangan saksi bahwa korban yang menderita Hepatitis B karna kerja yang berlebihan penyakitnya berkembang menjadi Kanker Hati dan korban meninggal karna penyakitnya itu dengan menunjukkan sebuah thesis yang diterbitkan di CELL, jurnal Biologis terkenal di dunia.

Dia membacakan isi thesis itu di persidangan bahwa Hepatitis B yang kronis secara alami akan menjadi Kanker Hati adalah hal yang sangat umum terjadi dan kerja yang berlebihan atau stres tidak memainkan peran penting dalam membuat Hepatitis B memburuk. Dia kembali menunjukkan bukti tertulis secara sah bahwa korban telah menerima uang kompensasi untuk jam tambahan kerjanya meskipun  istri korban menyangkal.

Sinopsis Remember War of The Son 10

Sinopsis Remember War of The Son 9

Dia kembali berhasil menunjukkan bukti yang menyudutkan korban bahwa dia telah menggunakan metode lain untuk mengambil uang dangan cara ilegal. Ketika penghuni villa membuang sampah, dia menjual stiker seharga 5,000 won dimana harga normalnya 3,000 won. Dia menunjukkan tanda tangan dari penghuni villa tempat korban bekerja untuk mendukung argumennya bahwa dia sudah sering melakukan  kecurangan seperti ini. Istri korban yang duduk sebagai saksi hanya bisa melongo hampir tak percaya dengan berbagai bukti yang dihadirkan Jin Woo. Jin Woo mengkalkulasi  kecurangan yang dilakukan korban berjumlah 4.23 juta won selama 11 bulan korban bekerja di tempat itu.

Sinopsis Remember War of The Son 11

Sinopsis Remember War of The Son 12

Jin Woo lalu menunjuk ke arah tempat duduk putrinya yang juga datang menyaksikan persidangannya dan berkata korban melakukan pekerjaan lemburnya atas kemauannya sendiri untuk bisa membiayai biaya kuliah putrinya yang masuk tahun ini di jurusan seni.

Dia berdiri di depan hakim dan menarik kesimpulan atas semua bukti-bukti yang dihadirkan di pengadilkan  bahwa kanker hati yang menjadi penyebab kematian korban tidak ada hubungannya dengan kerja berlebihan tapi karna keputusan sendiri dari pihak korban.

Sinopsis Remember War of The Son 13

Sementara itu, In-Ah mendatangi sebuah motel yang menjadi TKP untuk menyelidiki kasus pencurian dan menegur detektif yang ada di lokasi karna menulis laporan yang keliru. Dia menemukan di lantai empat terjadi dua kasus pencurian berbeda dengan laporan yang mereka tulis.

Ketika datang ke kantor polisi, dia melihat  penghuni motel dan mendesak detektif untuk menangkap pencurinya. Dia kehilangan uangnya yang ia simpan di kloset.  In-A berjanji akan menangkap pencurinya dan mendapatkan kembali uangnya untuk operasi ibunya. Han-Na memberitahu In-A bahwa sekarang dia menjadi pegawai magang baru di asuransi Il Ho Life. Tapi, dia harus mencari pekerjaan baru bulan ini. Baginya seorang pegawai magang hanyalah pegawai magang.Perusahan dapat menggunakan pegawai magang selama enam bulan dan membuang mereka seperti permen karet bekas.

Sinopsis Remember War of The Son 15

Sinopsis Remember War of The Son 14

Usai persidangan yang mereka menangkan, Song jae Ik bertanya bagaimana penghuni vila tiba-tiba saja membuka mulutnya tentang hal seperti itu. Jin Woo memberitahu karna perwakilan penghuni villa itu banyak menyembunyikan sesuatu dia sampai berbohong menyebutkan masalah ini tentang tagihan pemanas sehingga dia bisa bekerja sama dengan baik.

Tapi tak lama putri korban mendatangi Jin Woo dengan amarah yang meluap-luap. Dia bertanya pada Jin Woo apa itu sebuah dosa jika harus bekerja siang dan malam agar anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Sinopsis Remember War of The Son 17

Sinopsis Remember War of The Son 16

“Apa kau sangat ingin menang sampai menggambarkannya sebagai seseorang yang mengambil uang dengan diam-diam?”

Jin Woo menjawab dia juga merasa kasihan tapi dia menyuruhnya untuk melampiaskan kemarahannya kepada orang lain.

“Selain saya. Saya katakan kau harus pergi dan komplain kepada pengacaramu yang tidak melakukan pekerjaannya dengan baik. Atau kau bisa pergi dan komplain kepada sistem hukum negara ini, yang membuat putusan seperti ini.”

Merasa tak adil, dia berteriak kepada Jin Woo bahwa ayahnya meninggal seperti anjing yang bekerja seperti seorang pembantu untuk menyenangkan orang-orang kaya.

Sinopsis Remember War of The Son 19

Sinopsis Remember War of The Son 18

Dia menangis tersedu-sedu dan berkata: “Akankah seorang pengacara sepertimu yang hanya tertarik pada uang mengerti bagaimana perasaanku?”

“APA INI YANG DISEBUT ORANG-ORANG KEADILAN?,” teriaknya. Tapi dia tak bergeming sedikitpun dan terus berjalan pergi dari gedung pengadilan.

Iklan

Sinopsis Remember War of The Son 21

Sinopsis Remember War of The Son 20

Sementara itu, pada kasus lain yang ditangani oleh Pengacara Park dia berhasil membebaskan Bae Chul Joo (teman Gyu Man) atas tuduhan penyalah gunaan obat-obatan meskipun barang bukti berupa alat semprot telah ditemukan di rumahnya. Bae Chul Joo datang ke kantornya bersama ayahnya dan berterma kasih. Dia berkata pada Pengacara Park dia adalah kartu As yang dimiliki firma hukum Il Ho.

Sinopsis Remember War of The Son 23

Sinopsis Remember War of The Son 22

Dalam rapat yang juga dihadiri jajaran petinggi perusahaan Il Ho Group termasuk Suk Joo Il, Nam Il Ho memuji keuntungan yang diperolah anak perusahaannya Asurasi Jiwa Il Ho Life. Dia mengungkapkan terima kasihnya kepada kontributor utama yang berhasil membuat perusahaan Il Ho Griup masuk ke posisi 2 dalma industri bisnis kepada Vice President Kang Man Su.

Di ruang kantornya, Gyu Man melampiaskan kemarahannya atas kesuksesan Kang Man Su di perusahaan. Dia merasa tersaingi dengan kemampuannya di perusahaan dan berharap bisa menemukan setitik noda dalam dirinya.

Sinopsis Remember War of The Son 25

Sinopsis Remember War of The Son 26

Sinopsis Remember War of The Son 27

Jin Woo membawa Song Jae Ik dan manajer Yoon ke  kantor hukum baru mereka. Song Jae Ik sampai protes karna kantor hukum mereka terlihat sangat berantakan yang berbeda jauh dari perkiraannya sampai harus dibersihkan terlebih dahulu. Sementara itu, Jin Woo melirik ke gedung pencakar langit Il Ho Group yang tak jauh dari tempatnya.

In-Ah datang ke bekas rumah Jin Woo dan mendapatinya masih kosong dan tak terurus. Dia berdiri di depan rumahnya dan kembali teringat perbincangannya untuk yang terakhir kali dengan Jin Woo. Waktu itu dia meminta Jin Woo tidak pergi dan berjanji akan menemukan pengacara yang sesungguhnya untuk membuktikan ayahnya tidak bersalah tapi Jin Woo lebih memilih pergi. In-Ah kemudian bertanya-tanya dimana dia sekarang berada.

Sinopsis Remember War of The Son 24

Sinopsis Remember War of The Son 28

Sementara itu, di ruang pribadinya Jin Woo melihat dengan penuh dendam semua daftar orang-orang yang terkait dengan kasus ayahnya dulu. Dia membuat daftar orang dekat Nam Il Ho mulai dari kedua anaknya dan menjabarkannya mulai dari tangan kanan Gyu Man begitu pula saksi-saksi dan semua orang yang terlibat dalam sabotase kasus ayahnya dan juga orang-orang yang berhubungan dengan sosok Il Ho.

Jin Woo datang menjenguk ayahnya di penjara. Karena ayahnya tidak mengenali siapa dirinya dan mengira dia hanya sebagai pengacara barunya, Jin Woo harus menunjukkan kalungnya untuk mengingatkan ayahnya bahwa dia adalah putranya.

Sinopsis Remember War of The Son 30

Sinopsis Remember War of The Son 29

Ayahnya sangat bahagia karna mengetahui Jin Woo telah berhasil menjadi pengacara, tapi dia lantas merasa sedih karna sadar bahwa di hari sebeumnya Jin Woo sudah menunjukkan lencana lisensi pengacaranya. Jin Woo menatap ayahnya dan berkata dalam hatinya bahwa orang yang seharusnya duduk di tempat ayahnya adalah orang lain.

Sinopsis Remember War of The Son 32

Sinopsis Remember War of The Son 31

Dia datang ke tempat penyimpanan abu Ibu dan kakaknya. Di tempat itu dia bertemu dengan Pengacara Park. Dia sudah mengetahui bahwa Jin Woo telah menjadi seorang pengacara yang mempunyai rencana untuk membebaskan ayahnya. Jin Woo kemudian memberikan kartu namanya kepada Pengacara Park.

Sinopsis Remember War of The Son 33

Sinopsis Remember War of The Son 34

Sinopsis Remember War of The Son 35

Sambil mengemudikan mobilnya, dia kembali mengingat dendam masa lalunya kepada Pengacara Park – bagaimana dia dengan tega dalam sidang terakhir ayahnya hanya diam dan tak memberikan pembelaan apapun. Dia tambah lagi dia melihat di depan matanya, Pengacara Park berjabat tangan dengan jaksa penuntut umum Hong Moo Suk — membuatnya berpikir mereka telah bekerja sama untuk mengkambing hitamkan ayahnya. Dia memberhentikan mobilnya dan mengingat ucapan terakhirnya kepada pengacara Park

“Pekerjaan yang kau mulai …. Saya akan mengakhirinya. Saya pasti akan melakukannya.”

Sinopsis Remember War of The Son 36

Sinopsis Remember War of The Son 37

Tiba di kantor jaksa, In-Ah bertemu dengan Yeo Kyung. Dia mengkritik sikapnya yang bahkan sampai datang  ke Kantor Polisi untuk menyelidiki kasus yang ia tangani. Dia merasa geram karna In-A sering datang ke TKP dan bahkan Kantor Polisi, dia menyarankan In-Ah menjadi Detektif ketimbang menjadi Jaksa.

Ketika berjalan bersama Yeo kyung, tanpa sengaja Kang Suk Kyu (Kim Jin Woo)melihat In-Ah dari lantai atas sedang ditegur oleh Jaksa Tak. Dia ditegur karna sikapnya yang tidak percaya dengan laporan detektif dan lebih memilih untuk memeriksa sendiri TKP.  Ada banyak keluhan dengan sikapnya ini.

Sinopsis Remember War of The Son 39

Sinopsis Remember War of The Son 38

Jaksa Tak mengingatkan bahwa Detektif menangkap kriminal sedangkan tugas Jaksa adalah mengarahkan penyelidikan dan membawa dokumen-dokumennya ke meja hakim. Mereka masing-masing memiliki wewenang, sehingga jaksa Tak bertanya apa alasannya mengapa dia terus ngotot pergi ke tempat perkara.

In-A menjawab karna kita adalah manusia. Penyelidikan dilakukan sepenuhnya oleh manusia, dan detektif juga manusia, dan sebagai manusia mereka bisa saja membuat kesalahan dan melewatkan sesuatu. Dia memberitahu jaksa Tak jika sebuah keputusan yang salah dibuat, tersangka dan keluarga mereka adalah orang yang akan terluka.

“Saya menjadi seorang jaksa untuk menghentikannya. Saya akan terus pergi ke tempat kejadian perkara. Tapi setidaknya, saya akan melakukan yang terbaik untuk tidak kehilangan integritasku sebagai seorang jaksa.” ucap In-Ah.

Mendengar ucapannya dari lantai atas, Kang Suk Kyu tersenyum tipis.

***BERSAMBUNG***

***Semua dok gambar: KBS TV***

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*