Home / Sinopsis Drama Korea / Sinopsis “The Merchant: Gaekju 2015” Episode 1 Bagian Pertama

Sinopsis “The Merchant: Gaekju 2015” Episode 1 Bagian Pertama

Gambar 1

Setelah tiga tahun “Pasar Internasional” Qing akhirnya dibuka, dan perkumpulan pedagang Chun (yang memiliki izin untuk berdagang di pasar internasional) sedang bersiap-siap untuk melakukan perjalanan perdagangan mereka sejauh 480 km – termasuk diantaranya Chun Oh Soo (ayah Bong Sam), Gil Sang Moon (Broker Pedagang Keluarga Chun).

Dan si Bong Sam kecil berlari dari kejaran kakaknya Chun So Rye (putri Chun Oh Soo) dan Gil So Gae (putra Gil Sang Moon), dan tertangkap oleh ayahnya. Ayahnya bingung melihat Bong Sam kecil tak suka jalan dan menjual padahal dia adalah anak dari seorang pedagang dan kemudian bertanya apa yang ingin ia lakukan. Si Bong Sam kecil lantas menjawab bahwa dia hanya ingin makan dan bermain — dan menganggap bahwa anak-anak lain tidak seberuntung dirinya (karna dia adalah Chun Bong Sam, anak dari Chun Oh Soo) terlahir dari keluarga kaya, karna meskipun dia bermalas-malasan keluarganya tidak akan jatuh dalan kemiskinan. Ayahnya mengacungkan jempol padanya, tapi setelah itu dia kemudian menjewer telinganya.

Sebelum melakukan perjalanan ke Qing seluruh anggota keluarga Kelompok Pedagang Chun melakukan ritual terhadap nenek moyang terlebih dahulu, dan Chun Oh Soo sebagai Ketua Pedagang mewakili mereka membaca doa di depan leluhur untuk meminta perlindungan menuju Chakmoon untuk menjual timun laut kering di Qing. Dan memohon keselamatan sampai tujuan, dagangan mereka laris dan untung besar.

Saat Chun Oh Soo dan para rombongannya bersiap-siap melakukan perjalanan perdagangan mereka ke Qing dihiasi sorak-sorai, beberapa orang berlari mendatangi mereka memberitahu bahwa tuan Kim Bo Hyun ada di lereng bukit desa ini.

Gambar 2

Chun Oh Soo dan para agggota keluarga Chun Gaekju datang bersama menghadap Kim Bo Hyun (kepala polisi yang bertanggung jawab atas kota Gaesung). Kim Bo Hyun berkata bahwa tentu mereka menerima jumlah pajak yang cukup besar dari Bisnis Pedagang Keluarga Chun dan menawarkan arak pada Chun Oh Soo sambil berkata padanya: ‘Hasilkan banyak uang.’

Tapi Chun Oh Soo menolaknya dan memberitahunya bahwa dia akan meminum araknya setelah sukses menyelesaikan perdagangan bisnisnya di Pasar Internasional, dan menambahkan bahwa dia dan keluarga besarnya baru saja menyelesaikan ‘upacara perjalanan keselamatan’ dimana mereka tidak diijinkan minum alkohol sampai transaksi bisnis mereka selesai.

Gil Sang Moon menambahkan jika Chun Oh Soo sampai meminum sedikit saja alkoholnya, maka perjalanan mereka akan tidak aman, tapi Kim Bo Hyun malah melempar arak itu ke mukanya dan menyebutnya telah lancang karna dia hanya seorang pedagang petani rendahan berani ikut campur. Kim Bo  Hyun kembali menyodorkan segelas arak kepada Chun Oh Soo, tapi dia tetap bersikeras menolak mengatakan bahwa dia tak bisa melanggar kode etik pedagang jalanan. Gil Sang Moon memutuskan untuk meminum araknya tapi Kim Bo Hyun marah besar dan malah memukulnya.

Gambar 3

Kim Bo Hyun tak kapok dan kembali lagi memberi segelas arak pada Chun Oh Soo, tapi dia kembali menolaknya, Gil Sang Moon kembali maju bermaksud meminum araknya — tapi Kim Bo Hyun menendangnya dan memukulnya  bertubi-tubi  tanpa ampun; membuat seluruh anggota keluarga Chun Gaekju  berlutut meminta pengampunan padanya. Kim Bo Hyun menatap Chun Oh Soo dengan amarah dan berkata karna para pedagang mendominasi Gaesung segera setelah ayam berkokok di saat fajar dia telah datang kesini dan menungguinya untuk memberikan minuman sebagai niat baik, tapi dia merasa tersinggung karna tawaran minumannya ditolak.

Kim Bo Hyun kembali memberinya secangkir arak untuk diminum, tapi Chun Oh Soo tetap bersikeras menolak dan mengatakan bahwa perjalanan bisnis ini ke pasar Internasional adalah sesuatu yang telah mereka tunggu-tunggu selama tiga tahun, dan masa depan pedagang Chun dan kehidupan mereka dipertaruhkan.

Tanpa rasa takut Bong Sam kecil maju dan meminum araknya dan bertanya pada Kim Bo Hyun yang mana ia sukai alkohol atau uang — dan memperkenalkan dirinya sebagai putra dari Chun Oh Soo, Chun Bong Sam. Dia mengatakan  bahwa ginseng liar lebih bernilai dari ginseng biasa, tapi timun laut bahkan jauh lebih bernilai dibandingkan ginseng liar menurut pedagang China yang singgah ke rumah mereka beberapa hari sebelumnya; dan di Gaesung hanya keluarga mereka yang menjual timun laut sehingga mereka bisa membayar pajak dalam jumlah yang besar. Tapi kalau ayahnya sampai gagal dalam bisnis, dia tidak akan bisa membayar pajak, dan jika dia tak bisa membayar pajak maka Gaesung akan miskin.

Gambar 4

Dia melunak dan  mengijinkan mereka pergi. Dari kejauhan Kim Bo Hyun dan Kim Hak Joon melihat rombongan kelompok pedagang Chun pergi; dan Kim Hak Joon berkata bahwa Chun Oh Soo tidak pernah belajar untuk berperilaku penuh hormat, dan setelah semua itu hanya satu gelas yang berhasil. Tapi Kim Bo Hyun berkata pada Kim Hak Joon bahwa uang bisa mengubah kita menjadi orang ningrat atau pejabat negara kelas atas, dan bahkan seorang raja pada masa ini dan itulah sebabnya kesombongan para pedagang Gaesung melonjak sehingga mereka merasa tidak perlu berperilaku hormat pada orang lain.

Kim Bo Hyun menambahkan bahwa penetapan baru Seonhyecheong akan segera diumumkan (Seonhyecheong akan bertanggung jawab atas pajak di masa Joseon) dan menjelaskan mengapa dia sempat berhasil menjabat sebagai sekertaris pertanian sebanyak dua kali karna ada banyak sokongan dana untuk lobi kampanyenya sehingga setidaknya untuk posisi ini dia membutuhkan sokongan dana 30.000 nyang (mata uang yang digunakan jaman Joseon). Kim Hak Joon (saudara tiri Kim Bo Hyun) berkata apa dia tidak mendengar apa yang tadi dikatakan oleh anak Chun Oh Soo; mereka memiliki keluarga Chun Gaekju di tangan mereka sehingga mempersiapkan uang 30.000 nyang tidaklah sesulit itu.

Gambar 5

Kim Bo Hyun datang ke Pasar Broker Hanyang (Hanyang adalah nama kuno Seoul) untuk menemui Shin Suk Joo (Ketua Pedagang Keluarga Shin). Kim Bo Hyun berkata pada Shin Suk Joo bahwa dia sangat mengagumkan karna statusnya sebagai raja pedagang di Yukuijeon (Yukuijeon adalah pasar besar yang memiliki lisensi untuk menyediakan enam jenis barang dengan permintaan tinggi pada pemerintah).

Kim Bo Hyun menjelaskan kedatangannya kesini adalah untuk menjual sebuah produk; dan menawarkan untuk membeli Perusahaan Dagang ‘Kelompok Pedagang Chun’ dari Gaesung. Shin Suk Joo kaget dan bertanya apakah Chun Oh Soo memang berniat menjualnya; dan Kim Bo Hyun menjelaskan bahwa dia mempunyai saudara dari gundik ayahnya yang menjalankan bisnis kecil dimana Chun Geukju meminjam uang darinya tapi mereka belum membayarnya.

Gambar 6

Seluruh anggota keluarga Chun Gaekju menghabiskan berhari-hari melakukan perjalanan dengan berjalan kaki meski ditengah hujan menerpa menuju Chakmoon. Mereka semua sejenak beristirahat dan beberapa orang datang mengabari Chun Oh Soo bahwa semua jalan terblokir sehingga tidak mungkin untuk melewatinya karna jembatan rusak akibat banjir. Gil Sang Moon menawarkan pada mereka untuk melewati jalan lama Sungai Doodang meskipun itu berbahaya untuk dilalui dan menjelaskan bahwa jika mereka membuang-buang waktu menunggu banjir itu menyusut dan melewatkan pasar ini, maka timun laut yang mereka bawa akan rusak karna umur penyimpanannya hanya bertahan sampai tiga tahun dan tahun ini akan kadaluwarsa, dan menambahkan bahwa jika mereka gagal dalam bisnis ini mereka akan bangkrut dan selama ini mereka sudah terbiasa melalui jalanan yang berbahaya. Chun Oh Soo setuju dan rombongan mereka pun berangkat – mereka melewati jalan setapak yang tepat berada di tepi jurang yang sangat dalam.

Mereka berjalan perlahan, tapi  So Rye hampir jatuh terpeleset membuat Bong Sam kaget. Dia berbalik dan ingin berjalan ke arahnya; tapi dia malah jatuh dan karna badannya terikat dengan ayahnya membuat mereka berdua jatuh ke jurang. Untungnya Chun Oh Soo masih bisa memegang dengan erat daun yang merambat; dan menarik Bong Sun dalam genggamannya. Sementara itu Gil Sang Moon turun ke jurang untuk membantu mereka, dengan mengikatkan tali pada badannya dan yang lainnya bertugas untuk memegang dan menarik talinya. Gil Sang Moon berhasil memegang Bong Sam dan Oh Soo dan menyuruh yang lainnya untuk menarik mereka ke atas; tapi karna terlalu berat talinya tiba-tiba putus namun sebagian dari mereka masih bisa bertahan untuk memegang talinya bahkan ada diantara mereka yang tangannya sampai berdarah.Tapi Oh Soo mengambil pisau dari kantong bajunya dan berkata pada Gil Sang Moon bahwa Kelompok Pedagang Chun sekarang menjadi tanggung jawabnya dan memotong talinya sehingga ia jatuh ke dalam jurang.

Gambar 7

Mereka menyusuri hutan semalaman mencari Chun Oh Soo; tapi sayang karna tak menemukan tubuhnya mereka memutuskan untuk menghentikan pencarian mereka; meskipun Gil Sang Moon masih bersikeras untuk mencarinya. Dan di hutan itu Jo Sung Joon (pemburu gelap kulit sapi dari Songpa), Song Man Chi (saudara kandung Jo Sung Joon), Bang Geum juga ada disana berjalan sambil membopong barang dagangan mereka. Mereka sejenak duduk beristirahat karna kelelahan; dan Bang Geum tiba-tiba berteriak ketakutan karna sesuatu jatuh mengenainya dan mengira itu adalah ulat bulu. Jo Sung Joon memperingatkan Bang Geum untuk tidak berteriak karna klo mereka sampai ketahuan oleh patroli pabean perbatasan, kepala mereka bisa saja dipenggal.

Tapi Bang Geum kembali berteriak dan Man Chi kemudian mengambil ulat bulunya; tapi setelah melihatnya dengan seksama Man Chi berkata bahwa ini bukan ulat bulu. Dan Jo Sung Joon menebak jika ini adalah timun laut dan berkata tak perduli seberapa laparnya dirimu karna tidak makan, ini adalah timun laut yang dikatakan bahkan lebih bernilai dari ginseng liar. Mereka melihat sesuatu ada di atas pohon; dan Man Chi menendang-nendang pohonnya sehingga tas  Oh Soo jatuh ke tanah; dan dia memungut timun laut itu yang keluar dari tasnya.

Gambar 8

Tak hanya itu; tak jauh dari sana Man Chi melihat seorang pria terbaring tak sadarkan diri di tanah, dan menggeledahnya mengira mungkin saja dia bisa saja menemukan uang. Tapi dia hanya menemukan sebuah tanda pengenalnya tertulis Pedagang Chun Songdo Imbang (Songdo adalah Klub Pedagang Komunitas Gaesung) dan membuatnya tersadar jika pria ini adalah Kelompok Pedagang Chun yang mendapat izin untuk berdagang di pasar internasional. Hampir tak percaya, Jo Sung Joon kemudian membaca tanda pengenalnya dan dia menyadari bahwa pria ini adalah Chun Oh Soo.

***BERSAMBUNG*       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*